Cara Membuat SPT dan CSV SPT PPN dengan eFaktur, masalah dan solusinya

Langkah - langkah Membuat SPT pada aplikasi eFaktur adalah sebagai berikut :

1.Pilih menu SPT  --> Posting  sehingga  akan tampil form Posting Data Faktur

Misalnya kita ingin membuat SPT masa Juli 2015 maka Pilih masa Pajak 07 Tahun Pajak 2015 Pembetulan 0. klik Cek Jumlah Dok PKPM , lalu klik tombol Posting

image

Apabila profil penandatangan SPT belum diisi, akan tampil notifikasi untuk melengkapi data Profil PKP. Tunggu Proses Posting sampai muncul info “Data SPT Berhasil dibentuk”

image

yang perlu diperhatikan :

Untuk Faktur Pajak Keluaran, faktur/retur dengan status approval = Approval Sukses yang bisa diposting ke SPT.

Untuk Faktur Pajak Masukan, faktur/retur dengan status approval = Approval Sukses dan Bukan Faktur ETax yang bisa diposting ke SPT.

Selanjutnya mari kita buka SPT yang terbentuk. Untuk membuka SPT, pilih menu SPT –> Buka SPT

image

Klik Perbarui tampilan jika daftar SPT belum muncul, apabila sudah muncul klik Row SPT yang akan kita buka lalu klik Buka SPT Untuk Diubah

image

Selanjutnya anda tinggal melengkapi data SPT , dan bila Sudah lengkap silahkan klik Buat File CSV dan PDF SPT.


Pertanyaan, Permasalahan dan Solusi Seputar Pembentukan SPT masa PPN pada Aplikasi eFaktur

1. Apakah Posting bisa dilakukan Berkali kali untuk masa pajak yang sama ?

  Bisa, apabila ada perubahan , penambahan atau pengurang Faktur, retur dsb kita dapat memposting ulang Faktur tersebut ke SPT PPN

2. Mengapa saat Posting ulang SPT Muncul Pesan error Sudah Pernah diposting ? Bagaimana Solusinya ?

image

Pesan error seperti dapat diatasi dengan menghapus SPT yang sudah diposting terlebih dahulu, yaitu dengan klik Row SPT lalu pilih hapus SPT

setelah hapus SPT baru posting ulang SPT

3. Apkah bila kita hapus SPT faktur pada masa SPT yang kita hapus ikut hilang?

tidak. misal kita hapus SPT masa 07, seluruh data faktur dan dokumen lainnya tetap aman, tidak akan terhapus

4. Bagaiman cara membuat SPT Pembetulan ?

Anda tinggal Posting ulang dengan sebelumnya memilih masa pajak dan isikan pembetulan yang akan anda buat

image

5. Mengapa PDF SPT tidak terbentuk ? bagaimana Solusinya ?

dalam beberapa kasus yang kami temui, PDF SPT masa PPN gagal terbentuk pada PKP dengan jumlah faktur PK dan PM  yang sangat banyak. Proses pembentukan SPT tidak pernah selesai meskipun sudah ditunggu seharian.

Solusinya adalah dengan meningkatkan Spesifikasi Komputer yang kita pakai, Spesifikasinya pastikan di atas spesifikasi minimal eFaktur dan anda harus menambahkan alokasi memori untuk efkatur mealui memconfig.bat , baca selengkapnya di http://www.efakturpajak.com/2015/07/solusi-error-force-closed-database.html

Advertisement

68 Responses to "Cara Membuat SPT dan CSV SPT PPN dengan eFaktur, masalah dan solusinya"

  1. bulan juli saya ada lebih bayar...saldo kompensasi bulan sebelumnya belum saya masukan..baru saya akan masukan pada bulan agustus..bagaimana caranya?? terima kasih

    BalasHapus
  2. BisaKah merubah spt yang sudah di posting?

    BalasHapus
  3. mau tanya pak. saya ada permasalahan di spt pembetulan. spt normal saya dihapus jadi pas mau input spt pembetulan masih 0. mohon pencerahan. spt normal sudah dilaporkan sebelumnya.

    BalasHapus
  4. hallo pak...saya pengguna baru app e-faktur, mohon bantuannya
    untuk cek pajak yg belom di bayarkan itu gmana ya pak caranya?thx yaa

    BalasHapus
  5. Kalau masih ada lebih bayar di software e-SPT PPN 1111, gimana caranya memindahkan lebih bayar tersebut ke software E faktur? thanks

    BalasHapus
  6. pak, itu banyak pertanyaan kok ga ada yang dibalas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, akhir akhir ini saya repot, jadi ga sempet balas pertanyaan yang masuk

      Hapus
    2. Maaf, akhir akhir ini saya repot, jadi ga sempet balas pertanyaan yang masuk

      Hapus
  7. misalnya spt bulan agustus kita sudah lapor tetap kita ada koreksi sampai pembetulan ke 3, apakah spt yang 1,2 juga kita harus lapor juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak perlu saudara , langsung saja pembetulan 3 yang dibettulkan

      Hapus
    2. Misalkan qt mau lapor sedangkan posisi qt kurang bayar terus ada pemindahbukuan dari bulan lalu otomoatis jadi lebih bayar tapi untuk centrang di kompensasikan ke masa pajak berikutnya tidak bisa apa itu harus tetap di centrang atau tidak?

      Hapus
  8. kalo kita udah lapor secara online. trus apakah kita harus ke kantor pajak lagi membawa softcopy ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu. Jika sudah lapor secara online, simpan saja bukti lapornya. Print dalam betuk pdf.

      Hapus
  9. apakah dari PC Client tidak bisa membuat laporan SPT??Trima Kasih

    BalasHapus
  10. pak, saya pengguna baru apk e-faktur. jika di bulan sebelum saya menggunakan e-faktur terdapat kesalahan dan harus membuat faktur pajak pengganti, bagaimana cara melaporkannya d bulan yang sudah menggunakan e-faktur? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya anda posting ulang saja, misal bulan juni, sudah dilaporkan sptnya, lalu ada FP pengganti anda posting ulang saja SPT juni sebagai pembetulan 1 dan melaporkannya ke KPP

      Hapus
  11. Pak cara install e-faktur dengan di sistem operasi selain windows bagaimana caranya yaaa

    BalasHapus
  12. Bagaimana cara pembuatan spt masa dimana lawan transaksi kita adalah pemungut pon/bendaharawan. Saat kita mau lapor, terkadang belum di bayar ppn oleh bendaharawan. Apakah bisa buat spt nihil? Mohon infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lawan transaksi pemungut kode 02 secara otomatis tidak diperhitungkan ppnnya sebagai pajak keluaran pada spt masa ppn, jadi kalo lt pemotong semua, otomatis spt ppn nihil meskipun ada fakturnya

      Hapus
    2. Iya, ini semua transaksi ke pemungut. Dan kita tdk ada PM.. Jd klo kita input faktur, spt nya otomatis nihil ya?

      Hapus
  13. pak, saya pengguna baru e faktur, saya mau tanya. kemaren di bulan juni saya buat SPT PPN nya manual dan itu lebih bayar. lalu untuk PPN keluar dibulan julinya saya input di efaktur, waktu posting SPT dibulan juli malah kurang bayar,saya input PPN masukan untuk bulan junidi efaktur tapi tetap gak ada perubahan. gimana ya pak mohon pencerahanya. terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan juni manual, juli pakai efaktur. Ya tidak nyambung... Maaf bisa lebih diperjels pertanyaan nya :)

      Hapus
  14. Pak saya mau tanya...saya mau rubah spt namun tampilannya tidak muncul? apakah tampilan spt yang mau dirubah itu ada dalam lampiran induk? atau ketika mau rubah spt, sptnya langsung muncul?

    BalasHapus
  15. iya juni itu pajak masukan lb (manual). lalu di bulan juli ada pk (efaktur). jadi saya mau bikin SPT ni pak utk dibulan juli, setelah diposting SPT yg dibulan juli malah kurang bayar, padahal udah saya input di efaktur SPT di bulan juni, tapi tetap aja SPT bulan juli kb, saya bingung. nilai pk < dari pm. mohon pencerahanya lagi pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kelebihan pajak masa juni bisa anda Input di lampiran AB bagian III B spt masa juli

      Hapus
  16. Apakah NTTE yg dikeluarkan oleh online pajak pada laporan spt masa ppn itu sudah sah diterima oleh kantor pajak? Sebab Saya efilling nya ke online pajak yg resmi dari dirjen pajak. Thanks atas masukannya....

    BalasHapus
  17. pak,,saya mau tanya,,kalau ada retur yang terjadi saat masa sebelum E-faktur gmana pak prosesnya,,,, transaksinya ini gak punya NPWP,, mhn responnya,,
    makasih

    BalasHapus
  18. pak saya pengguna e-faktur, mau tanya APAKAH BISA dan TETAP BENAR MELAKUKAN POSTING SPT MASA bulan AGUSTUS tapi di postingnya pada bulan berikutnya(SEPETMBER)? ataukah wajib memposting SPT MASA AGUSTUS harus dilakukan sebelum 31 Agustus?

    BalasHapus
  19. maf pak sya mau nanya gimana cara melaporkan PPN pada aplikasi E-Faktur atas pekerjaan Konstruksi

    BalasHapus
  20. kenapa yah pada spt lampiran induknya tidak terimput penyerahan barang dan jasa padahal di lampiran A2 ada. saya juga sudah cobaposting ulang berkali-kali tapi hasilnya tetap sama?

    BalasHapus
  21. Pak mau nanya, kalau saya seorang pengusaha tapi salah isi spt 1770ss dan sudah berhasil dikirim, gimana caranya saya membetulkan spt saya ke 1770? Apakah langsung diupload spt yg baru?
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa membuat menguload langsung CSV espt PPH 1770 pembetulan 1 melalui aplikasi e-filling

      Hapus
  22. Halo pak, mohon infonya. Saya bertindak sebagai PKP, baru pertama kali menggunakan efaktur, dan baru ada transaksi agustus 2016. total DPP : 89JT. barang yang saya jual alat kesehatan/kedokteran/medis.
    Yang saya ingin tanyakan,
    1. Lampiran apa saya yang harus saya lengkapi jika saya hanya memiliki Faktur Keluaran dan sebagai PKP?
    2. Pada Lampiran Induk,
    -Bag I.B : Tidak terutang PPN? itu saya isikan atau kosongkan? jika diisi, saya isi berdasarkan data apa/total apa/nilai apa?
    -Bag II.B : PPN disetor dimuka dalam masa pajak yang sama? apakah benar jika saya isikan total PPN yang saya pungut dari pembeli selama agustus 2016 walaupun pembeli belum membayar total tagihan saya atau kredit/tempo.
    -Bag III.A : Jumlah DPP? saya isikan semua total invoice saya kepada pembeli yg sama belum termasuk ppn? dan poin B nya otomatis terisi setelah saya isikan DPP poin A.
    -Bag IV.A : PPN yang wajib dibayar kembali? saya kosongkan karena belum pernah ada transaksi efaktur sebelumnya
    -Bag V.B : PPnBM disetor....? saya kosongkan karena bukan barang mewah, betulkah?
    -Bag VI : kelengkapan SPT, ceklisnya otomatis atau kita yang ceklis?

    terima kasih.mohon bantuannya.

    BalasHapus
  23. Maaf pak bagaimana cara input no. NTPN di aplikasi espt??

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Formulir Induk Bagian II, ada tombol NTPN, tekan dan isi

      Hapus
  24. mau tanya pak,, wktu mau buat file CSV,, yg muncul itu "tidak dapat membentuk file CSV. Tanggal SPT tidak boleh kosong." yg mw saya tanyakan,, bgm cara mencantumkan tanggal pada lembar SPT ? Kirain otomatis terisi.. Makasih sblmx..

    BalasHapus
  25. siang, admin, saya sudah rekam pajak masukan dan keluaran namun saat posting jumlahnya kok 0 yah? dan saat buka spt semua lampiran dan induk juga 0. ini kira2 kenapa yah? padahal saya cek dikolom administrasi faktur semua faktur yg saya rekam ada tertera di situ. mohon bantuannya min. terima kasih

    BalasHapus
  26. admin, saya mau tanya. kalau salah input, kelebihan memasukan angka di pajak masukan import bulan 6 dan itu sudah dilaporkan (lebih bayar).bulan 7 juga sudah dilaporkan (lebih bayar). apakah saya buat pembetulannya bulan 6 dan 7 ?

    BalasHapus
  27. Pertanyaan : kenapa ketika saya lapor spt masa ppn untuk pembetulan 1 di kpp , file csv saya kosong katanya. Padahal saya sudah cetak file csv untuk pembetulan 1 tsb. Mohon solusinya

    BalasHapus
  28. Pertanyaan : kenapa ketika saya lapor spt masa ppn untuk pembetulan 1 di kpp , file csv saya kosong katanya. Padahal saya sudah cetak file csv untuk pembetulan 1 tsb. Mohon solusinya

    BalasHapus
  29. saya mau lapor ppn kondisi laporan saya kurang bayar tapi ada pemindahbukuan dari masa sebelumnya otomatis jadi lebih bayar nah seharusnya kan kalau lebih bayar qt harus centrang untuk dikompensasi di masa pajak berikutnya tapi ini ga bisa apakah tidak jadi masalah jika tidak di centrang?

    BalasHapus
  30. saya mau tanya nih misalnya kita buka faktur pajak bulan 9. tetapi customer complain. minta faktur pajak pengganti tanggalnya diubah misalnya menjadi tgl 13 oktober. itu apa ada masalah ga ya. di spt ppn nya september dan oktober bakalan jadi double ga? (dalam artian masa pajak bulan 9 belum dilaporkan)
    Mohon bantuannya teman.

    BalasHapus
  31. pak nanya yah, saya sudah input pm bulan juli pembetulan 1 sebanyak 442, saat diposting yang terdata cuma 400 pm, jadi bayar pajaknya lebih banyak dari seharusnya, karena itu maka belum saya csv-kan (belum saya bayar dan laporkan). berikutnya saya kerjakan bulan agustus pembetulan 1, nah masalahnya pm bulan juli masuk semua ke sini. apakah itu karena juli pembetulan 1 belum saya csv-kan ya pak? mohon bantuannya ya pak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah konsul ke kpp lampung, mereka belum bisa jawab, nanya ke grup dulu katanya :(

      Hapus
  32. Admin, untuk versi terbaru pada E-Faktur Dummy sampai bulan oktober 2016 saat ini apakah sudah ada lagi? thank's before

    BalasHapus
  33. Permisi, mau tanya pak,
    saya ada kendala di pelaporan spt ppn dengan e filling, saya sudah melaporkan ppn nihil lewat e filling dengan pb 0 (dengan e faktur database yg sy buat khusus untuk spt nihil), setelah ppn nya saya bayar maka saya buat laporannya dengan e faktur (database utama) dengan pb 0, dan saya laporkan ke e filling, hasilnya laporan sy tdk bs di proses karna lap pb 0 sebelumnya sudah masuk, yang menjadi kendala saya adalah cara membuat spt dengan pb 1 tidak bisa saya masukkan ssp nya, karena di e faktur kolom ssp nya terbuka jika dengan pb 0, tolong bantuaanya pak, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka dulu pb 0 terus lanjutkan lakukan pemostingan pb 1, buka induknya lihat posisi tombol SSP biasanya akan berwarna terang sehingga kita bisa klik dan lakukan pengisian (mudah2an membantu)..hans

      Hapus
  34. Sore mas, saya sudah lapor spt ppn masa, ternyata setelah dicek, ada kesalahan nomor NTPN. Bagaimana cara membenarkannya?

    BalasHapus
  35. pak saya mau tanya misalkan semua data sudah di cantumkan namun pas mau buat file SPT ada bacaan SPT kurang bayar itu gimana ya pak? saya bingung

    BalasHapus
  36. Maaf pak saya mau tanya kenapa saya tidak bisa upload e-faktur ya. Sudah 2 minggu lebih. Semua masalah jaringan oke. Tidak ada masalah. Tapi tetap tidak bisa upload. Saya sudah telepon Kring Pajak tapi katanya masalah server. Tapi masa ia selama itu? Mohon bantuan untuk kasih solusi.

    Aapa yang harus saya lakukan. Sebab pekerjaan jadi numpuk karna masalah ini.
    Apa perlu saya bawa k KPP Kompter saya? atau ada solusi lain?
    Trima kasih.

    BalasHapus
  37. Maaf pak saya mau tanya kenapa saya tidak bisa upload e-faktur ya. Sudah 2 minggu lebih. Semua masalah jaringan oke. Tidak ada masalah. Tapi tetap tidak bisa upload. Saya sudah telepon Kring Pajak tapi katanya masalah server. Tapi masa ia selama itu? Mohon bantuan untuk kasih solusi.

    Aapa yang harus saya lakukan. Sebab pekerjaan jadi numpuk karna masalah ini.
    Apa perlu saya bawa k KPP Kompter saya? atau ada solusi lain?
    Trima kasih.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. min tanya dong, kalo faktur pajak masukan telah saya laporkan ( itu di bulan agustus 2016 ) nah si vendor saya ini baru menghubungi saya di november 2016 bahwa alamat yang dia input itu salah.
    mohon solusi terbaiknya dong min.
    terimakasih

    BalasHapus
  40. pak mau tanya sya hari ini baru terima ppn masukan yg tglny 16 juni 2016.
    kalo di kreditkan di bulan oktober tidak bisa pak?
    solusinya gmn ya pak?
    ap harus pembetulan di bulan september kah?
    mohon solusinya pak.
    terimakasih

    BalasHapus
  41. pak mau tanya saya hari ini baru terima ppn masukan tanggalnya 16 juni 2016. kalo dikreditkan bulan oktober tidak bisa pak, solusinya gmn ya pak?
    apa mesti pembetulan di masa september biar fp masukan bisa dikreditkan?
    mohon solusi terbaiknya pak.
    terimakasih

    BalasHapus
  42. apakah pengkreditan FP masukan bisa dilakukan untuk masa pajak tidak sama misalnya : FP masukan bln Juni mau dikreditkan utk masa Juli...Mohon penjelasannya....


    BalasHapus
  43. pada saat saya ingin membuat file csv,muncul kode etax 50004,tanggal spt tidak boleh kosong, saya ingin melaporkan pajak bbrp bulan yg lalu,apakahhhh ada solusi?trims

    BalasHapus
  44. pak saya mau bertanya kenapa saya tidak bisa menginmport faktur pajak apakah salah di format mohon dibalas yah terima kasih

    BalasHapus
  45. saya mau bikin laporan ppn pembetulan I tapi pada saat mau menulis ssp untuk no ntpnnya tidak bisa gimana yach

    BalasHapus
  46. apakah spt masa memang menggabungkan semua faktur ppn jika faktur lebih dari 1 dalam satu bulan pak? jd spt masanya cukup hanya 1 dengan nominal penggabungan semua faktur dalam satu masa pak? tq

    BalasHapus
  47. saya mau tanya untuk mengecek data ppn kurang bayar gmn?

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Halo, aku mau nanya.
    Kalau misalkan Pembayaran Pajak kurang bayar tapi belum bikin CSV itu gimana ya perbaikannya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  50. Saya mau tanya pak bagaimana Kalau saya blum melapor spt melalui normal,malahan saya ke pembetulan dan saya ke normal lagi tidak bisa,infonya kode pembetulan sudah digunakan untuk Jenis formulir spt yg lain.tlong dibalas secepatnya makasi

    BalasHapus
  51. Pak saya ingin bertanya, Apakah kita bisa membatalkan/menghapus retur faktur yang sudah di approve? Bilamana retur tersebut adalah retur atas bukan e-faktur (status approval: bukan faktur e-tax) ?
    mohon penjelasannya

    BalasHapus
  52. Mohon bantuannya...
    Kronologi efaktur pada periode Januari dan Februari dipegang oleh karyawan lama dan tiba2 hilang kontak. Lalu di bulan Maret saya mengajukan ulang kembali pembuatan efaktur dan bisa. Saat saya buka SPT bulan Januari dan Februari 2016 tersebut ternyata nihil. Padahal saat dipegang oleh karyawan lama ada transaksi di bulan tersebut. Bagaimana caranya buat saya agar bisa cetak kembali di bulan tersebut dan muncul data sesuai transaksi. Mohon penjelasannya. Terimakasih

    BalasHapus
  53. Maaf Pak mau tnya cara pengisian spt masa,prushaan saya baru menggunakaan faktur pajak,kmrn sy ada 1x transaksi paktur pajak keluaran dngn masa pajak 03-03-2017 dg nilai 17.000.000 di tmbah ppn 10% (1700.000)yg mau saya tanyakan cara pengisian spt masanya bagaimana,sm isi formulirnyanya,mohon kiranya bapak mau menjawab pertanyan sy,trimakasih.

    BalasHapus
  54. Pak Saya mau tanya,

    kalau SPT PPN nihil harus tetap di laporkan atau tidak? kalau telat di laporkan sanksi nya berupa apa?

    BalasHapus

Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih