Cara Mengkreditkan Pajak Masukan Beda Masa dan Masa Pajak Sebelum Penggunaan eFaktur

Seingkali ada yang bertanya apakah Faktur  Pajak Masukan Sebelum memakai eFaktur Bisa dikreditkan ke Masa Pajak setelah menggunakan eFaktur?

Misalnya Faktur Pajak Masukan Bulan Mei 2015 Baru anda terima Bulan Juli 2015. Apakah yang harus anda lakukan atas Faktur tersebut? Apakah harus melakukan pembetulan SPT Masa Mei 2015 atau tetap diinput di Aplikasi eFaktur?

Silahkan input ke Aplikasi eFkatur, Faktur tersebut masih tetap dapat dikreditkan untuk masa Juli 2015.

hanya mungkin setelah diupload Keterangan Approvalnya bukan Approval Sukses, Tapi Bukan Faktur eTax. tapi hal itu bukan lah masalah. yang penting Faktur tersebut tetap bisa dikreditkan.

Ada beberpa kasus Faktur PM tesebut Tidak mengurangi PK di masa Juli, Mengapa ini terjadi ?

hal ini trerjadi karena user tidak merubah Masa Pajak Pelaporan SPT seperti pada gambar di bawah ini.

pajak masukan

Seharusnya user merubah masa Pajak di mana Faktur tersebut akan dikreditkan. Misal Faktur PM tersebut akan dikreditkan pada masa Juli , maka anda harys merubah masa Pajaknya menjadi 07

pajak masukan2

Advertisement

44 Responses to "Cara Mengkreditkan Pajak Masukan Beda Masa dan Masa Pajak Sebelum Penggunaan eFaktur"

  1. Lalu bila sudah terlanjur salah, blm mengganti masa pelaporan pajak dan sudah diupload, bagaimana solusinya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Status as pproval sukses? Kalau anda ingin tetap mengkreditkan ke masa misal 7, maka harus dibatalkan, dengan syarat fp dari lawan transaksi juga dibatalkan dahulu. Lalu anda minta faktur baru atas transaksi yang sama, lalu input ulang dengan masa yang benar

      Hapus
    2. Seandainya dr lawan transaksi tidak mau dibatalkan lalu apa yang harus kami lakukan?
      thanks.

      Hapus
    3. Seandainya dr lawan transaksi tidak mau dibatalkan lalu apa yang harus kami lakukan?
      thanks.

      Hapus
    4. Jika anda ingin di masa 7 misalnya, sedangkan sudah terlanjur masa 8 dan lawan tidak mau membatalkan, tidak ada cara lain dengan menghubungi KPP terdaftar, pengalaman saya, prosesnya lama. biasanya KPP meminta database efaktur anda dan mengirimkannya ke Pusat DJP untuk diubah, namun ada KPP yang mau memproses dan ada juga yang tidak

      Hapus
    5. sama seperti kasus di atas mas, jika PM ingin dikreditkan di bln 10 ternyata terupload di bln 9, apakah bln 9 tersebut dapat kita buat pembetulan spt dan nilai PM td menjadi LB dan direstitusi ke bln 10. mohon bantuannya

      Hapus
  2. Ada solusi lain?kalau pembetulan bisa ga?

    BalasHapus
  3. memang maksimal berapa bulan masih bisa dikreditkan.. misal tadi pm bulan mei itu.. sampai bulan apa maksimal bsa dikreditkan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksimal 3 bulan Pak, misal FP masukan masa 1, maksimal bisa dikreditkan masa 4

      Hapus
  4. program ruwet makisn sulit aja kerjanya

    BalasHapus
  5. Dear Admin..
    dibulan agustus saya ada faktur pajak masukan dan sudah saya laporkan. dan di bulan september saya ada faktur pajak keluaran dan masukan, bagaimana biar faktur pajak masukan saya yang bulan agustus saya kreditkan dibulan september..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sudah dilaporkan di agustus, kenapa harus dilaporkan lagi di september bu?
      Jika ingin merubah pengkreditan PM yang sudah diupload, secara aplikasi eFaktur tidak mendukungnya, jadi anda tidak bisa merubah pengkreditan PM yang sudah diupload , kecuali jika anda mau bersusah payah dengan cara ini http://www.efakturpajak.com/2015/10/merubah-masa-pajak-faktur-pajak-masukan.html

      Hapus
  6. Faktur pajak masukan nov 15 masih bisa di kreditkan sampai kapan ya ?? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai masa februari 2016

      Hapus
    2. jika di bulan nop sy sudah upload pajak masukan ternyata tidak bisa di kredikan dan tak terlampir di 1111B2 apakah sy bisa membatalkan faktur masukan tersebut dan di upload di masa februari pembetulan 1 soalnya februari sdh sy laporkan

      Hapus
  7. Dear Admin,
    Apakah ada dispensasi untuk perusahaan yg belum punya eFaktur dan belom bisa mengkreditkan faktur pajak dari bulan juli 2015 sampai sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pkp Jawa dan Bali wajib menggunakan Efaktur mulai juli 2015,tidak ada dispensasi. Jika tidak menggunakan Efaktur maka faktur dianggap tidak sah oleh negara

      Hapus
    2. Dear Admin, saya mau tanya . saya mengeluarkan PK bulan september 2015 ke Cust, tetapi sama admin sy blm di serahkan ke cust,cust mau terima invoice dengan pajak yg masih dapat dikreditkan. apakah bisa dijadikan fp pengganti diubah ke tahun 2016? apa solusinya pak, mohon bantuannya terima kasih

      Hapus
    3. MAsa FP = Masa Normal, jika mau anda harus membatalkan FP 2015 tsb dan membuat FP baru tahun 2016

      Hapus
  8. Dear Admin,
    saya mau tanya, saya ada pajak masukan masa Desember 2015 tapi dapet dr penjual langsung FP Pengganti tanpa sebelumnya diberikan yg FP normalnya..
    jd FP normal belum pernah di upload krn tidak dapet dr penjual..sedangkan kalo mau di upload pengganti ada peringatan "tidak ditemukan faktur pengganti"
    sampai sekarang blm saya laporkan apakah msh dpt dikreditkan?
    saya harus laporkan di bulan apa agar tidak bermasalah / tdk terkena denda?
    apa yg harus sy lakukan?
    Terima kasih..

    BalasHapus
  9. Dear Admin,
    supplier saya belum e-faktur,jadi PM yang dia kasih masih yang manual. Nah, cara saya masukkan kredit pajak masukkannya bagaimana ya? thanks

    BalasHapus
  10. Saya mau kreditkan faktur pajak bulan mei di masa pajak juli, tetapi saat saya ubah masa pajaknya tidak bisa, setelah di enter / simpan tetap kembali ke masa bulan mei, bagaimana solusinya ya Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah mengkreditkan masa pajak PM ya? memang tidak bisa diubah, setahu saya anda harus kembali ke db backup, silahkan baca http://www.efakturpajak.com/2015/10/merubah-masa-pajak-faktur-pajak-masukan.html

      Hapus
  11. itu karena faktur pajak bulan mei baru kami terima sakarang, jadi saat mau input di faktur pajak masukan, masa nya otomatis mengikuti tanggal faktur pajak tsb (mei), saya ubah ke juli tetap kembali ke Mei, saya belum upload, bagaimana solusinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat anda menginpt FPM misal tanggal 25/05/2016 . saat anda klik enter masa pengkreditan otomatis terisi 05, tapi angka 05 tersebut masih bisa diubah kok
      misalnya jadi 06 07 atau 08
      lalau simpan

      Hapus
  12. kasus kita sama ya, mohon jawaban untk yg ini dong,, dah mumet nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannnya sama, ubah dulu masanya secara manual
      Saat anda menginpt FPM misal tanggal 25/05/2016 . saat anda klik enter masa pengkreditan otomatis terisi 05, tapi angka 05 tersebut masih bisa diubah kok
      misalnya jadi 06 07 atau 08
      lalau simpan

      Semoga membantu

      Hapus
  13. Mau tanya kita kan ada terbit PK bulan juli, tapi kita telat kasih ke customer dan baru diterima bln september. Sedangkan customer minta ubah PK nya dibulan september. Apakita bisa buat pajak pengganti ke bln september dan buat pembetulan atau bagaimana yah? Mohon infonya yah. Tq

    BalasHapus
  14. Saya ada PM bulan Januari dan Maret 2016, klo mau pembetulan masa maret 2016 gimana caranya y? apa dilaporkan semua PM yang masa maret 2016 yang dulu sudah dilaporkan (normalnya) ditambah PM baru ini atau yang dilaporkan hanya tambahan PM yang baru saja? mohon janwabannya, tks byk..

    BalasHapus
  15. Bagaimana cara input faktur masukan pengganti yang faktur normalnya sudah melewati batas masa kredit, contoh faktur masukan terbit april batas masa kredit bln JULI, dan faktur pengganti terbit mei akan saya kreditkan di bln AGUSTUS, jika faktur normal sy upload di juli, otomatis sy akan lebih bayar di masa ppn juli, apakah jika sy input dan upload faktur pengganti di masa agustus akan secara otomatis membatalkan LEBIH BAYAR dibln Juli... terimakasih.

    BalasHapus
  16. Bagaimana cara input faktur masukan pengganti yang faktur normalnya sudah melewati batas masa kredit, contoh faktur masukan terbit april batas masa kredit bln JULI, dan faktur pengganti terbit mei akan saya kreditkan di bln AGUSTUS, jika faktur normal sy upload di juli, otomatis sy akan lebih bayar di masa ppn juli, apakah jika sy input dan upload faktur pengganti di masa agustus akan secara otomatis membatalkan LEBIH BAYAR dibln Juli... terimakasih.

    BalasHapus
  17. Saya keluarkan FP bulan mei,tetapi baru saya upload bulan sept, apakah bisa FPkeluaran saya dikurangi pajak masukan bulan mei?,krn terlambat upload

    BalasHapus
  18. Sore, saya mau nanya kita dapat faktur pajak masukan tetapi salah, kemudian kita dapat faktur pajak masukan pengganti (011.033.0000000) nah bagaimana cara masukan di E-faktur Pajak Masukan ?? saya isi no FP Masukan pengganti kok ngga mau ya ? apakah saya input FP masukan yang pertama (yg salah) dulu ? baru masukan FP masukan pengganti ??? berarti kalo benar seperti ini FP Masukan yang salah saya upload dulu ya ? mohon infonya thx

    BalasHapus
  19. Mau nanya ya. Saya baru terima PM di bulan September, sementara tanggal PM-nya itu April dan Mei. Berarti kan saya harus pembetulan ya. Rencana saya mau pembetulan masa Mei saja (PM April akan saya kompensasi di bulan Mei). Saya sudah buat pembetulan 1 masa Mei. Tapi saya bingung cara input PM ini. Apakah saya cukup menginput PM tadi seperti biasa? Apakah PM itu akan otomatis masuk ke perhitungan masa Mei pembetulan 1? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  20. Mohon sharenya. kami ada FP masukan yang sudah kami laporkan pada bulan agustus 2016 dan sudah dikreditkan. Jumlah FP masukan yang dikreditkan pada masa agustus 2016 tersebut masih minus. Bagaimana caranya sisa FP masukan bulan agustus 2016 tersebut kita kreditkan kembali di masa pajak september 2016.
    Atas share dan infonya diucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  21. Saya mempunyai faktur pajak masukkan bln Oktober 2016, pajak keluaran bulan Seprember 2016, bagaimana cara mengkreditkan nya?

    BalasHapus
  22. Saya mempunyai faktur pajak masukkan bln Oktober 2016, pajak keluaran bulan Seprember 2016, bagaimana cara mengkreditkan nya?

    BalasHapus
  23. apa kasus diatas bisa diselesaikan...maksudnya masa yang salah

    BalasHapus
  24. contoh pajak masukan september 2016
    karena baru diterima bulan oktober
    harusnya bisa dikreditkan di oktober....tapi karena salah memasukkan masa pajak sehingga tetap september apa bisa di ganti atau ada solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga ngalami hal ini sudah saya apload juga,, pencerahannya donk

      Hapus
    2. Saya juga seoerti itu. PM nya Gak bisa dibatalin krn sdh diapload & sdh dilaporkan. apakah perlu membuat pembetulan? Mohon solusinya.

      Hapus
  25. Sy memiliki Faktur pajak masukan. FP tsb sudah 5bln belum saya laporkan. Bagaimana cara agar faktur tsb bisa sy laporkan untuk kemudian sy restitusikan. Mohon petunjuknya.. Hal ini penting bagi sy. nilai FP tsb ratusan juta.. Krn kalo sy disuruh ganti senilai tsb sy tdk mampu. Help me please..

    BalasHapus
  26. Admin mau tanya kalo FP bulan September sudah terbit bisa dan sudah expires.bisa tidak di revisi atau di perpanjang.mohon informasinya thanks

    BalasHapus
  27. Dear Admin
    Perusahaan saya memiliki Pajak Masaukan (PM) tiap bulan dimulai dari Januari 2017 - Mei 2017, tetapi di setiap bulan saat melakukan pelaporan ada PM yang tidak saya kreditkan. apa yang harus saya lakukan agar PM tersebut bisa dilaporkan / kreditkan? apakah melakukan pembetulan di setiap Bulan ? apakah bisa PM bulan januari, februari, maret dan april saya kreditkan di spt bulan mei? thanks

    BalasHapus

Silahkan masukkan Pertanyaan, Komentar, Masukan dan Saran anda. Mohon maaf jika tidak semuanya bisa kami balas, namun kami akan berusaha untuk membalasnya semampu kami. Kami juga mengharapkan partisipasi saudara dalam menghidupkan dan mengisi blog ini... terimakasih